Friday 18 January 2013

Marketing MIX 4P McDonald's Restaurants

Pemasaran atau lebih sering disebut dengan Marketing adalah adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air bermerek dan berkualitas juga dapat dibawa kemana saja dengan efisien. 

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion).  
 
Marketing mix itu secara umum diterima sebagai penggunaan dan spesifikasi dari 4P’s yang menerangkan posisi strategi pada tempat penjualan.
- Produk (product)
- Harga (price)
- Tempat (place)
- Promosi (promotion)

Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).

Dalam pembahasan kali ini saya ingin membahas mengenai bagaimana Marketing Mix ini diterapkan dalam perusahaan seperti McDonald's Restaurants.

Produk (Product)


www.mcdonalds.com
Dalam bisnis, produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Yang penting untuk diingat ketika menawarkan item menu kepada pelanggan adalah bahwa mereka memiliki pilihan. Mereka memiliki sejumlah besar cara menghabiskan uang mereka dan tempat untuk menghabiskannya. Oleh karena itu, tempat seperti McDonald cukup pada pengembangan menu yang pelanggan inginkan. Riset pasar menetapkan persis apa ini. Namun, kebutuhan pelanggan berubah seiring waktu. Apa hari ini sesuai dan menarik atau besok sudah tidak menarik lagi. Pemasaran secara terus menerus memantau preferensi pelanggan
www.mcdonalds.com

Dalam rangka untuk memenuhi perubahan, McDonald telah memperkenalkan produk baru dan menghapus yang lama, dan akan terus melakukannya. Perawatan diambil untuk tidak mempengaruhi penjualan dari satu pilihan dengan memperkenalkan pilihan baru, yang akan merusak penjualan dari yang sudah ada (trade off). McDonald tahu bahwa item pada menu yang akan bervariasi dalam popularitas. Kemampuan mereka untuk menghasilkan keuntungan akan bervariasi di berbagai titik dalam siklus hidup mereka. Produk pergi melalui siklus hidup, yang digambarkan di bawah ini:
Jenis pemasaran yang dilakukan dan jumlah yang diinvestasikan akan berbeda, tergantung pada tahap produk telah mencapai. Misalnya, peluncuran produk baru biasanya akan melibatkan televisi dan dukungan iklan lainnya. Pada saat perusahaan akan memiliki portofolio produk masing-masing dalam tahap yang berbeda dari siklus hidup. Beberapa pilihan McDonald yang semakin meningkat popularitasnya, sementara bisa dibilang Big Mac adalah pada tahap 'kedewasaan'.

Harga (Price)

Persepsi pelanggan tentang nilai merupakan faktor penentu penting dari harga yang dikenakan biaya. Pelanggan menggambar diri mereka sendiri tentang apa produk bernilai itu. Sebuah produk mempunyai nilai lebih dari item fisik, juga memiliki konotasi psikologis bagi pelanggan. Bahaya menggunakan harga rendah sebagai alat pemasaran adalah bahwa pelanggan mungkin merasa bahwa kualitas sedang dikompromikan. Hal ini penting ketika memutuskan pada harga sepenuhnya menyadari merek dan integritas. Konsekuensi lebih lanjut dari penurunan harga adalah bahwa pesaing sesuai dengan harga sehingga tidak ada permintaan tambahan. Ini berarti rata rata keuntungan telah berkurang tanpa meningkatkan penjualan.

Promosi (Promotion)

www.mcdonalds.com
Aspek promosi dari pembauran pemasaran mencakup semua jenis komunikasi pemasaran. Metode termasuk iklan, kadang-kadang dikenal sebagai 'di atas garis' aktivitas. Iklan dilakukan di TV, radio, bioskop, online, situs poster dan pers (koran, majalah). Apa yang membedakan iklan dari komunikasi pemasaran lainnya adalah bahwa pemilik media dibayar sebelum pengiklanan dapat mengambil ruang dalam medium. Metode promosi lainnya termasuk promosi penjualan, titik display penjualan, merchandising, direct mail, telemarketing, pameran, seminar, skema loyalitas, demonstrasi, dll.

Keterampilan dalam komunikasi pemasaran adalah untuk mengembangkan kampanye yang menggunakan beberapa metode ini dengan cara yang memberikan hasil yang paling efektif. Misalnya, iklan TV membuat orang sadar item makanan dan periklanan pers memberikan detail lebih lanjut. Hal ini dapat didukung oleh promosi dalam toko untuk mendapatkan orang-orang, untuk mencoba produk dan perangkat promosi ditagih untuk mendorong mereka untuk terus membeli item tersebut. Sangat penting bahwa pesan yang dikomunikasikan saling mendukung dan tidak membingungkan pelanggan. Sebuah pemahaman menyeluruh tentang apa merek mewakili adalah kunci untuk pesan yang konsisten.

Tujuan dari komunikasi pemasaran yang paling adalah untuk memindahkan kelompok sasaran untuk beberapa jenis tindakan. Hal ini mungkin untuk: membeli produk, kunjungi restoran, merekomendasikan pilihan ke teman atau meningkatkan pembelian item menu. Tujuan utama dari iklan adalah untuk membuat orang sadar item, merasa positif tentang hal itu dan mengingatnya. McDonald lebih tahu tentang orang-orang itu melayani semakin ia mampu menyampaikan pesan yang menarik bagi mereka. Pesan harus mendapatkan perhatian pelanggan dan menjaga kepentingan mereka. Tahap berikutnya adalah untuk mendapatkan mereka untuk menginginkan apa yang ditawarkan. Menunjukkan manfaat yang mereka akan mendapatkan dengan mengambil tindakan, biasanya cukup. Pesan-pesan yang tepat harus ditargetkan pada khalayak yang tepat, menggunakan media yang tepat 

Tempat (Place)

www.mcdonalds.com
Tempat dalam pembauran di pemasaran, bukan hanya tentang lokasi fisik atau titik distribusi untuk produk. Ini meliputi pengelolaan berbagai proses yang terlibat dalam membawa produk ke konsumen akhir. dan pada akhirnya konsumen puas akan produk yang di sajikan oleh McDonald.

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca di blog ini :) 

Referensi :

No comments:

Post a Comment