Saturday 12 November 2011

Hubungan Teknologi Grafis dengan Budaya

Desain Gedung Modern
Candi Borobudur
Coloseum, Roma
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan 'gambar' agar bisa efektif dalam penyampaian maksud dari komunikasi tersebut.
Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode perancangan, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

    Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur.
Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain.
Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

    Seperti contohnya dalam pembuatan model gedung, dalam pembuatan desain rumah (termaksud ruangan didalamnya),dulu sebelum zaman komputerisasi, manusia lebih banyak melakukan grafis dengan cara menggambar dan menggunakan mesin gambar, mengukirnya atau memahatnya di kayu ataupun dibatu contohnya seperti di bangunan Candi Borobudur dan candi lainnya juga, Sfinks Agung di Giza Mesir dan masih banyak lagi. Dan setelah berkembangnya dunia komputerisasi dan zaman semakin maju, desain grafis pun muncul dalam berbagai macam.
Guardian Sphinx, Mesir
Gedung dengan desain modern

Mulai dalam mendesain gedung gedung serta apartemen mewah, sampai ke film 3D maupun dalam game game dan masih banyak lagi. Karena desain bukan hanya di satu benda saja, tapi desain bisa di kembangkan di berbagai media.
    Jadi semakin berkembangnya suatu teknologi apalagi itu desain grafis semakin dan semakin banyak software yang mendukung semakin menampilkan hasil grafis yang bagus juga dan semakin mempunyai hubungan yang erat dalam dunia multimedia.

Desain Interior




Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis

2 comments:

  1. kmu design grafis juga ta? waaa aku suka things that related to art :D

    ReplyDelete
  2. hii cici aku nggak ngambil desain kok. aku jurusan IT.ini sebenernya tugas kampus.. hehehe... tapi pas smk dulu emang jurusan multimedia trs pernah belajar itu juga.. iya aku juga suka banget kok sama desain :D

    ReplyDelete